Cara memesan tiket online kereta api dan pesawat dengan mudah

Apakah anda termasuk orang yang selalu rutin berburu tiket kereta jika libur tiba..? Jika iya tentu anda akan mengalami sebuah pengalaman yang sangat penuh tantangan. Apakah itu perjuangan untuk berebut antrian tiket secara offline maupun online. Tahukah anda bahwa untuk bisa sukses mendapatkan tiket kereta api melalui fasilitas online tentu saja ada tips dan triknya. Sudah bukan hal yang aneh, tiap tahun PT Kereta Api Indonesia selalu mengalami kesulitan untuk mengantisipasi penuhnya trafik jaringannya sehingga membuat koneksi ke server tiketnya pun menjadi kolaps.

Mari kita lihat, apa saja sih persiapan untuk memudahkan mendapatkan tiket kereta api idaman dalam kondisi yang tidak perlu bersusah payah. Kenalilah semua website penyedia tiket online untuk kereta api.

1. Pastikan anda menggunakan fasilitas jaringan internet yang hebat (baik dalam kecepatan maupun kestabilan). 
Kelemahan banyak orang adalah melupakan faktor fasilitas internet yang memadai ini. Bayangkan anda harus bertarung dengan jutaan orang sekaligus online bersamaan dan hanya dengan fasilitas internet yang hebatlah anda bisa menembus server tiket kereta api dengan mudah. Carilah provider Internet yang cocok di rumah anda dengan kecepatan minimal 1 MBps ke atas, syukur-syukur bisa sampai 4 MBps. Saran saya gunakan fasilitas internet semacam TV kabel seperti First Media atau Telkom Speedy dengan High Speed.

2. Pastikan anda sudah mempunyai akun user untuk masing-masing website provider tiket online sebelum tiket seasonal liburan diumumkan oleh PT KAI. Hal ini akan memudahkan anda untuk siap bertarung memperebutkan tiket online. Jangan lupa user dan passwordnya.

3. Selalu mendengarkan info terkini dari PT KAI mengenai jadwal pastinya pembukaan tiket seasonal liburan lebaran atau natal/tahun baru. Dengan demikian, anda sudah trial terlebih dahulu kondisi dan status website sebelum hari H. Lakukan latihan dan simulasi beberapa hari agar anda terbiasa dengan registrasi yang paling efektif dan efisien. Yang dimaksud simulasi di sini adalah anda pura-pura pesan tiket sejumlah anggota keluarga yang ikut dan anda tidak perlu membayar toh.. untuk mencoba simulasi ini. Karena server dengan sendirinya akan meng-cancel secara otomatis apabila tidak ada transaksi pembayaran selama 1 jam.


4. Pastikan, daftarkan keluarga anda sebelum hari H agar pada saat registrasi tiket di hari H anda tidak kehabisan waktu hanya demi menulis identitas nama dan ID Card. Pastikan tidak ada yang tertinggal.

5. Semakin anda terlatih dan terbiasa dengan format registrasi tiket online, maka anda tidak akan membuang waktu pada saat hari H. Jangan lupa gunakan mouse dan keyboard yang senyaman mungkin.

6. Jika anda sudah siap dengan infrastruktur komputer/laptop dan internetnya, jangan lupa pastikan ada anggota keluarga yang siap di depan ATM ketika anda sedang melakukan registrasi Online.

7. Kondisikan badan anda dalam kondisi fit, karena PT KAI selalu membuka start registrasi online jam 12 Malam.

8. Pilihlah website tiket online yang handal dan mudah menurut anda dan saran saya jauh sebelum hari H anda sudah punya pengalaman minimal sekali cara meregistrasi online hingga mencetak tiket di stasiun terdekat. Hal ini akan menjadikan modal bagi anda agar terbiasa dengan tata cara prosedur tiket online yang benar.

Saatnya anda siap pulang mudik dan berlibur dengan tenang dan sukses....